Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BACAAN NIAT WUDHU ARAB, LATIN DAN DILENGKAPI ARTINYA LENGKAP

NIAT WUDHU


Assalamualaikum wr wb,Sebelum kita masuk kepada pembahasan yaitu niat wudhu alangkah baiknya kita tahu terlebih dahulu apa itu arti wudhu, Nah menurut bahasa wudhu artinya bersih dan indah, sedangkan menurut istilah (Syariat Islam), Wudhu adalah menggunakan air pada anggota badan tertentu dengan cara tertentu, yang dimulai dengan niat guna menghilangkan hadats kecil, Wudhu merupakan salah satu syarat sahnya sholat, Artinya bagi orang yang akan mengerjakan sholat diwajibkan berwudhu terlebih dahulu, Karena tanpa berwudhu sholatnya tidak sah, Dan dasar kewajiban wudhu ini ditulis dalam Al-Quran yaitu tepatnya pada surat Al-Maa'idah ayat 6, Yang berbunyi seperti dibawa, jangan lupa baca juga artikel senbelumnya ya, artikel sebelumnya membahas tentang Niat Shalat Ghaib, semoga bermanfaat.

SURAT AL_QURAN
SURAT AL_QURAN

 "Yaa ayyuhaalladziina aamanuu idzaa Qumtum ilash sholaati faghsiluu wujuuhakum wa aidiyakum ila maro fiQi wamsahuubiru uusikum wa arjukum ilal ka'bain"

ARTINYA:
Wahai orang-orang yang beriman! apabila kamu hendak melaksanakan sholat, Maka basuhlah mukamu, tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu, dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki,... (Al-Maa'idah ayat 6)

Nah itulah fardhu wudhu yang ditulis dalam Al-Quran, Yang menjelaskan tentang bagian mana saja yang wajib untuk dibersihkan pada saat berwudhu, Untuk Niat wudhu nya berikut Niatnya dibawah ini, Niat wudhu ini dibaca saat sebelum membasuh muka.

Niat Wudhu
NIAT WUDHU

"Nawaitul wudhuu'a liraf'il hadatsil asghori fardhol lillaahita'alaa"

ARTINYA:
Aku niat berwudhu untuk menhilangkan hadats kecil, fardhu karena allah ta'ala".

Untuk bacaan niat wudhu ini dibaca tepatnya ketika akan membasuh muka ya.

Itulah niat fardhu wudhu yang bisa saya bagikan dalam pembahasan kali ini, Untuk pembahasan selanjutnya insya allah saya akan membahas tentang niat-niat yang lainnya, oh ia ada sedikit tambahan mengenai pembahasan berwudhu kali ini, Dan berikut tambahannya dari saya, yaitu tentang syarat-syarat wudhu...

Syarat-Syarat Wudhu ada lima Yaitu
1. Beragama islam
2. Tamyiz, yaitu dapat membedakan antara yang baik dan yang buruk
3. Tidak mempunyai hadats besar
4. Dengan Air yang suci dan dapat digunakan untuk bersuci(air mutlak), Nah untuk keterangan tentang air ini silahkan baca pada postingan artikel saya sebelumnya yaitu artikel yang membahas tentang air, Yang disebut Kitab Thoharoh, Kitab yang membahas tentang jenis-jenis air.
5. Tak ada benda yang dapat menghalangi sampainya air ke kulit, misalnya getah, sisik ikan, cat dan sejenisnya.

Ok teman teman sampai disini dulu ya, Jika ada yang ingin teman-teman tanyakan silahkan tinggalkan pesan dikolom komentar yang sudah disediakan atau juga bisa lewat fanspage facebook yang ada di sidebar sebagai bahan pertanyaan teman-teman, Yang mana nanti kita diskusikan.